thumb

Kepala Badan Kesbangpol Kota Pontianak Menghadiri Event Budaya Barape’ Sawa’ Tahun 2023 Kabupaten Bengkayang

Kegiatan ini diselenggarakan pada tanggan 27 sampai dengan 29 Mei 2023.

Adapun  maksud dari kegiatan ini adalah menumbuhkembangkan kesadaran berbangsa dan bernegara Indonesia, yakni selalu membina kerukunan persatuan dan kesatuan serta selalu mengutamakan kepentingan bangsa diatas kepentingan pribadi asyarakat adat dalam pelestarian tradisi dan budaya demi terwujudnya kabupaten Bengkayang yang maju, sejahtera dan bermartabat.

Tujuan diselenggrakan pertemuan ini adalah memiliki kemampuan awal dan mesosialisasilkan kegiatan Event Budaya Barape’ Sawa’ Tahun 2023 Kabupaten Bengkayang dan Dayak harus bersatu dan kompak, jangan mengelompokkan diri karena Dayak banyak sub suku, jangan di kotak-kotakkan, tetapi kita itu sama Dayak, cuma bahasa yang berbeda tetapi kebudayaannya sama

Adapun Peserta Event yang menghadiri acara ini antara lain :

-Asisten II Provinsi Kalimantan Barat

-Anggota Komisi II DPR RI

-Fraksi PDI Perjuangan

-Daerah Pemilihan Kalimantan Barat 1 Drs. Cornelis, M.H

-Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik

-Tokoh masyarakat Kabupaten Bengkayang.

 

 

Sambutan Oleh Bapak Drs. Cornelis, M.H  sekaligus membuka Event Budaya Barape’ Sawa’ Tahun 2023 Kabupaten Bengkayang  pelaksanaan Barape' Sawa' kesembilan ini, Bupati Darwis menjelaskan pelaksanaan rangkaian kegiatan pembukaan ini diawali dengan Ritual adat Bapuji Nyangahan't, yang dilanjutkan dengan Karnaval Budaya 1000 Kalangkakng, yang dimulai dari Gedung Pancasila Bengkayang dan berakhir di Kompleks Ramin Bantang.

Mari bersama-sama kita sukseskan bersama agenda Barape' Sawa' yang digelar selama lima hari kedepan, terhitung dari tanggal 27 hingga 31 Mei 2023. Kaeh ite' begawe, kai' Barape Sawa,".

Di tempat yang sama, tokoh masyarakat Dayak sekaligus anggota DPR RI, Cornelis turut mengucapkan selamat atas terlaksananya event Barape' Sawa' Kabupaten Bengkayang 2023. Melalui kegiatan berbau adat budaya asli Dayak, seluruh masyarakat Dayak untuk bersatu memperkuat eksistensi masyarakat adat dalam pelestarian tradisi dan budaya demi terwujudnya kabupaten Bengkayang yang maju, sejahtera dan bermartabat.

"Saya berpesan kepada masyarakat adat Dayak Kabupaten Bengkayang, Jangan pernah berkecil hati menjadi seorang Dayak, karena kita menghadapi tantangan ini semakin hari semakin berat. agar setiap tantangan harus mampu diatasi oleh para penerus, terutama generasi muda. Maka dari itu, berpesan agar generasi muda Dayak harus mampu mengembangkan diri untuk lebih pintar, lebih cerdas, kerja keras dan berjuang. mengingatkan agar evaluasi gawai harus dilakukan nantinya. Hal itu diperlukan untuk mengetahui, ada atau tidaknya manfaat gawai dilaksanakan. Demikian pula terkait adat istiadat, yang menurutnya harus dipertahankan, harus di perhatikan.

sebagai momentum untuk meningkatkan semangat kita bersama membangun bangsa. Semoga Tuhan Yang Maha Esa, Allah Yang Maha Kuasa senantiasa memberikan kekuatan kepada kita bersama untuk mampu membangun persatuan bangsa dan menggapai cita-cita kejayaan Indonesia.