thumb

Kepala Badan Kesbangpol Kota Pontianak Menghadiri Rapat Asistensi Pendanaan Pilkada Serentak

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kota Pontianak Ahmad Hasyim, ST menghadiri Kegiatan Rapat Asistensi Pendanaan Pilkada Serentak yang diadakan oleh Kementrian Dalam Negeri Direktorat Jendral Bina Keuangan Daerah bersama Kepala Badan Keuangan Daerah Kota Pontianak dan seluruh Kepala Kesbangpol dan BKD Se-Indonesia.

Kegiatan itu dilaksanakan di Grand Orchardz Hotel Jl. Rajawali Selatan Raya, No. 1b Kemayoran 10720 Jakarta Indonesia pada tanggal 30 November 2023. Rapat ini diadakan untuk memastikan pendanaan Pilkada di setiap daerah sudah mencukupi dan memadai untuk melaksanakan Pilkada Serentak di Tahun 2024 mendatang.

Dalam penyampaian pemateri, Kementrian Dalam Negeri meminta pemerintah daerah agar dapat mencicil naskah perjanjian hibah daerah atau NPHD sejak tahun ini agar tak membebani fiskal. Berdasarkan data real time Direktorat Jenderal Bina Keuangan Daerah Kemendagri sampai dengan 8 Agustus 2023, sudah ada 236 pemerintah daerah (pemda) yang menganggarkan dalam APBD untuk Komisi Pemilihan Umum provinsi, kabupaten, ataupun kota. Selain itu, sudah ada 186 pemda yang telah menganggarkan APBD untuk Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu). Total ada 545 pemda yang akan menggelar pemilihan kepala daerah serentak pada 2024, Direktorat Jenderal Bina Keuangan Daerah bersama Inspektorat Jenderal, Direktorat Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum, dan Direktorat Jenderal Otonomi Daerah secara rutin dan berkala melakukan koordinasi ke daerah melalui monitoring, asistensi, dan inventarisasi untuk memastikan ketersediaan anggaran yang cukup untuk membiayai pilkada serentak 2024.

oleh : admin