thumb

Kepala Badan Kesbangpol Kota Pontianak Menghadiri Rapat Koordinasi dan Sinergi Pelaksanaan Program/Kegiatan terkait POLPUM Tahun 2023

Kegiatan Rapat Koordinasi dan Sinergi Pelaksanaan Program/Kegiatan terkait Pelaksanaan Urusan Politik dan Pemerintahan Umum Tahun 2023, bertempat di Hotel Novotel Balikpapan, Jl. Brigjen Ery Suparjan No.2, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur pada tanggal 20 dan 21 Februari 2023 

Rangkaian kegiatan yang diikuti sebagai berikut :

- Hari pertama rapat koordinasi dihadiri oleh Dirjen Politik dan PUM Kementrian Dalam Negeri, Deputi Bidang Pengendalian Pembangunan Otorita Ibu Kota Nusantara, Sekretaris Dirjen Politik dan PUM Kemendagri dan Gubernur Kalimantan Timur. Dihari pertama ini membahas tentang rencana strategis pelaksanaan RKP 2023 bidang politik yang disampaikan oleh Dr. Slamet Soedarsono, MPP, QIA, CRMP, CGAP. Adapun pembahasannya mengenai Visi Indonesia Emas 2045 yang didasari dengan Pilar Pembangunan Indonesia 2045 yaitu : Pembangunan Manusia dan Penguasaan IPTEK, Pembangunan Ekonomi Berkelanjutan, Pemerataan Pembangunan, Ketahanan Nasional dan Tata Kelola Pemerintahan, Narasumber kedua membahas tentang Dukungan Pendanaan Pelaksanaan Pemilu dan Pilkada Serentak TA 2024 dalam Pedoman Penyusunan APBD TA 2023 oleh Dr. Drs. Horas Mautits Panjaitan, M.Ec.Dev dilanjutkan oleh Narasumber ke 3 yaitu M. Afifuddin Selaku Anggota KPU RI yang membahas tentang Kesiapan KPU RI dan Jajaran Dalam Menyelenggarakan Pemilu Tahun 2024 dan Narasumber Terakhir yang membahas tentang Penyusunan Dokumen Perencanaan Pembangunan Daerah Bidang Kesatuan Bangsa dan Politik yang disampaikan langsung oleh Direktorat Jendral Bina Pembangunan Daerah Kementrian Dalam Negeri.

- Hari kedua rapat koordinasi dihadiri oleh Direktur Jendral Peraturan Perundang-Undangan Kementrian Hukum dan HAM, Direktorat Jendral Aplikasi Informatika Kementrian Komunikasi dan Informatika, Plh. Sekretaris Ditjen Politik dan Pemerintahan Umum, Direktorat Jendral Otonomi Daerah, Kabaintelkam Polri, Deputi Bidang Intelejen Pengamanan Aparatur BIN, Kepala Badan Intelejen Strategis TNI, Kepala Badan Siber dan Sandi Negara, Kepala Bagian Perencanaan Ditjen Politik yang membahas tentang Penguatan Kelembagaan Kesbangpol di Daerah serta Kewaspadaan Nasional menjelang Pelaksanaan Pemilu dan Pilkada Serentak Tahun 2024.

Dengan adanya Rapat Koordinasi dan Sinergi Pelaksanaan Program/Kegiatan terkait Pelaksanaan Urusan Politik dan Pemerintahan Umum Tahun 2023. Diharapkan koordinasi antar lembaga yang mengurus tentang Pemerintahan Umum dapat berkoordinasi secara terencana, terpadu, menyeluruh dan berkelanjutan, serta dapat membantu mengawal Pemilihan Umum Serentak yang akan dilaksanakan pada tahun 2024.