thumb

Sosialisasi Pendidikan Politik Untuk Pemilih Pemula Goes To School Oleh Bakesbangpol Kota Pontianak

 

SOSIALISASI POLITIK WALI KOTA PONTIANAK

Kegiatan Sosialisasi Pendidikan Bagi Pemilih Pemula ini diselenggarakan dalam rangka mewujudkan rasa cinta tanah air dan kesetiaan serta kesadaran sebagai warga negara dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berlandaskan Pancasila, UUD 1945, dan Bhinneka Tunggal Ika. Untuk itu peserta yang merupakan pemilih pemula dan belum pernah melakukan proses pemilu diharapakan bisa mempergunakan hak pilihnya dengan baik dan menghasilkan wakil rakyat yang terbaik untuk menentukan arah pembangunan bangsa dalam mencapai cita cita negara, yaitu kesejehteraan rakyat. Strategi pencegahan lebih diutamakan dalam proses pengawasan. Masyarakat harus sadar, pemilihan umum yang berintegritas, dari proses sampai hasilnya, akan menghasilkan wakil rakyat yang amanah. Wakil rakyat yang amanah akan berpengaruh terhadap kelangsungan penyelenggaraan negara dan masyarakat. Untuk itu jangan sampai proses pemilu diwarnai pelanggaran yang dapat mengurangi integritas pelaksanaan pemilu.

Landasan Hukum yang menjadi dasar dari kegiatan ini adalah :

a.    Undang-Undang Nomor 42 Tahun 2008 tentang Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden;

b.   Undang-Undang Nomor 15 Tahun 2011 tentang Penyelenggara Pemilihan Umum;dan

c.    Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2012 tentang Pemilihan Umum Anggota Dewan Perwakilan Rakyat, Dewan Perwakilan Daerah dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah perlu disatukan dan disederhanakan menjadi satu undang-undang sebagai landasan hukum bagi pemilihan umum secara serentak, dengan membentuk Undang-Undang tentang pemilihan Umum.

Kegiatan ini diawali dengan Menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya, dilanjutkan sambutan oleh Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kota Pontianak dan sambutan oleh Kepala Sekolah SMA. Sosialisasi di buka oleh Moderator Akbar Ramadhan dan Juliansyah dengan Narasumber Bapak Wali Kota Pontianak, KPU Kota Pontianak dan Banwaslu Kota Pontianak memberikan Papapan dengan Tema “Membangun Kesadaran Politik pemilihan Pemula dan Meningkatkan peran Pemuda dalam Demokrasi”. kegiatan ini dimulai pada Selasa, 22 November 2022 hingga Jumat, 16 Desember 2022.

Jadwal Sekolah yang menjadi sasaran sosialisasi adalah :